Kamis, 21 Oktober 2010

BERAS DAN NASI


Setiap hari kita biasanya makan sebanyak 3 kali. Kebanyakan orang Indonesia makanan utamanya adalah nasi putih yang berasal dari beras. Tahukah kita berapa jumlah beras atau nasi yang kita makan setiap harinya? Beberapa diantara kita terkadang tidak memperhatikan tentang nilai dari sebuah nasi. Mungkin karena makan merupakan hal yang setiap hari dan berulang kali kita lakukan setiap kali, kita jadi tidak memperhatikan hal tersebut. Makan atau nasi yang tidak habis merupakan hal yang kita anggap wajar atau biasa. Tidak hanya satu butir atau 10 butir bahkan mungkin ratusan butir nasi terbuang sia-sia.
Saya jadi teringat pernah mendengar cerita entah betulan atau tidak, mengenai negeri di Cina yang ketika saat dilanda krisis yang dahsyat. Kaisar memerintahkan setiap penduduknya ketika menyisihkan beras sebanyak 1 butir per anggota keluarga sekali makan. Hal kecil tersebut tentu terasa ringan karena hanya diminta menyisihkan 1 butir nasi saja sekali makan. Akan tetapi efeknya sangat dahsyat jika semuanya melakukan hal yang serupa menyisihkan 1 butir beras setiap kali makan setiap orang. Akhirnya semua butir nasi yang satu persatu dikumpulkan masing-masing keluarga tersebut dikumpulkan jadi satu oleh Negara dan terkumpul dalam jumlah yang sangat buanyak, kemudian beras tersebut dijual kepada Negara lain dan akhirnya Cina bisa terbebas dari krisis.
Demikian dahsyat efek dari 1 butir nasi yang sudah jadi hal yang biasa bagi kita untuk tidak kita habiskan atau kita buang begitu saja. Agar kita bisa memanfaatkan setiap butir nasi kita bisa mengambil nasi sesuai kebutuhan kita saja. Apabila kita makan di luar rumah, kita dapat memesan sesuai kondisi kita saat itu, mungkin kit abisa memesan separo terlebih dahulu, apabila dirasa belum cukup kita bisa menambahnya lagi, kita sendiri yang bisa mengetahuinya sebeapa porsi makan makan kita. Hanya dibutuhkan kemauan dari kita.
Ketika kita Mastermind atau bersama keluarga ada ritual menarik dan mengasyikkan setiap selesai makan yaitu melirik piring yang lain, mencari-cari masih adakah butir nasi yang tersisa di piring atau sendok yang kita pakai, sehingga akhirnya pun kita makan butir nasi yang masih tersisa…
Dalam hal makan pun dibutuhkan prediksi yang tepat agar setiap kita makan tidak ada yang terbuang sia-sia meski hanya satu butir nasi.
Sumber:
Sumber Anatomi Beras

Beras adalah bulir padi ( gabah ) yang telah dipisah dari sekamnya .
Beras secara biologi adalah biji padi yang terdiri dari :
- Aleuron , yaitu lapis terluar yang sering kali ikut terbuang dalam proses pemisahan kulit
- Endosperma , tempat sebagian besar pati dan protein beras berada
- Embrio , merupakan calon tanaman baru ( dalam beras tidak dapat tumbuh lagi kecuali dengan bantuan teknik kultur jaringan )
Berbagai macam- macam warna beras yaitu :
- Beras biasa , yang berwarna putih agak transparan karena memiliki sedikit aleuron dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20 % . Beras ini mendominasi pasar beras .
- Beras merah , akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu .
- Beras hitam , sangat langka disebabkan aleuron dan endosperma memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam .
- Beras ketan , berwarna putih , tidak transparan , seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin .
CARA membuat nasi gurih:
Bahan-bahan :
1 liter beras
1200 cc santan
1 sendok makan garam
1 sendok teh ketumbar, sangrai, haluskan
2 lembar daun salam 3 lembar daun pandan, dikoyak, ikat

Cara membuat :
Campur santan dengan garam, ketumbar, daun salam, dan daun pandan, didihkan
Kukus beras sampai setengah matang, lalu letakkan dalam panci, tuangi santan
mendidih sambil diaduk hingga santan habis terserap, kukus kembali sampai matang.
Biasanya disajikan bersama-sama dengan Ungkep Jerohan dan Daging Sapi, Acar Kuning,
Sambal Kemiri, teri goreng, kacang goreng, dan emping goreng.

Definisi beras organik (organic rice) atau pengertian beras organik sangat bermacam-macam, tergantung dari sudut pandang mana kita dalam melihatnya. Karena sampai saat ini, belum ada konsensus resmi yang mendefinisikan apa itu beras organik (organic rice).
Menurut Prof. Dr. Ir. Mubiar Purwasasmita, Dosen Teknik Kimia ITB dan aktifis Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS), beras organik (organic rice) adalah beras yang di dalamnya sudah tidak terdapat lagi kandungan bahan kimia buatan dan tidak menggunakan bahan kimia buatan dalam proses budidayanya.
BEBERAPA PENTING MANFAAT NASI
Nasi atau yangdalam bahasa inggris biasa disebut dengan rice merupakan suatu bahan asupan tiap hari dalam menu harian masyarakat kita ^_^ . Hmm tapi temen2 gak penasaran pa ma kenapa nasi ini sebegitu pentingnya buat tubuh kita ?? Lw Disty seh penasaran, yuk kita lihat beberapa alasan kenapa nasi itu sangat penting...

1. Karbohidrat membantu mendongkrak mood. 
Karbo mendukung produksi serotonin, senyawa kimia dalam otak yang menimbulkan perasaan senang. Studi dari Archives of Internal Medicine menunjukkan, orang yang menjalani diet rendah karbo yang berat selama setahun (hanya mengonsumsi sekitar 1/2 cangkir nasi atau selembar roti), cenderung mengalami depresi, kegelisahan, dan mudah marah. Kadarnya jauh melebihi orang yang mengonsumsi diet rendah lemak-tinggi karbohidrat, yang hanya makan produk olahan susu rendah lemak, gandum utuh, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

2. Karbohidrat membantu mencegah berat badan naik. 
Bahkan, membantu menurunkan berat badan. Bagaimana mungkin? Yang pasti, peneliti dari Brigham Young University di Utah, AS, mendapati bahwa mereka yang meningkatkan asupan seratnya secara umum akan kehilangan berat badan. Hal ini terjadi pada perempuan paruh baya yang dimonitor pola makannya selama dua tahun. Sebaliknya, perempuan yang mengurangi asupan serat dari makanannya justru berat badannya naik.

3. Karbohidrat baik untuk jantung. 
Dengan meningkatkan asupan serat yang mudah larut (yang bisa ditemukan dalam makanan tinggi karbohidrat seperti oatmeal dan kacang polong) sebanyak 5-10 gr sehari, Anda akan menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 5 persen. Mereka yang mengonsumsi gandum utuh (seperti beras merah) juga cenderung memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah, dan kolesterol baik yang lebih tinggi.

4. Karbohidrat membantu merampingkan lingkar pinggang. 
Mengonsumsi gandum utuh membantu mengurangi lemak tubuh dan lemak perut, demikian menurut penelitian baru yang dimuat di Journal of Nutrition. Dalam studi tersebut dikatakan bahwa orang dewasa yang makan sekitar tiga porsi gandum utuh sehari, memiliki lemak tubuh 2,4 persen lebih sedikit, dan lemak perut 3,6 persen lebih sedikit, daripada mereka yang makan kurang dari seperempat porsi.

5. Karbohidrat membantu menajamkan memori. 
Perempuan overweight yang menjalani diet rendah karbo selama seminggu (benar-benar tidak mengonsumsi karbohidrat) ternyata mendapatkan nilai yang lebih buruk dalam tes memori (seperti: mengapa tadi saya masuk ke ruangan ini?). Nilai mereka juga berkurang dalam visuospatial memory(tes mengingat lokasi dalam peta) daripada mereka yang mengikuti diet rendah kalori. Inilah merupakan petunjuk American Dietetic Association, yang terungkap dalam sebuah studi dari Tufts University.

6. Karbohidrat membantu memecah lemak. 
Sarapan dengan karbohidrat yang sifatnya tidak menaikkan gula darah dengan cepat, seperti oatmeal atau sereal bekatul, 3 jam sebelum latihan, akan membantu Anda membakar lemak lebih banyak, demikian menurut sebuah studi dari Journal of Nutrition. Kedua jenis makanan tersebut, seperti juga kentang dengan kulitnya, roti gandum, pasta dari gandum, atau kacang polong,  tidak menyebabkan gula darah melonjak secepat bila Anda mengonsumsi roti tawar putih atau nasi putih. Sebaliknya, tingkat insulin tidak meningkat cepat, dan karena insulin berperan memberi tanda bahwa tubuh menyimpan lemak, memastikan tingkat insulin yang lebih rendah akan membantu Anda membakar lemak.

Nah setelah mengetahui beberapa keunggulan dari sang nasi. Gimana lw kita melanjutkan ke bagaimana caranya agar kita dapat mencegah nasi yang kita buat tidak basi. Yaa biar enak maemnya ^_^ ....Berikut caranya...


  • Saat memasak nasi satu liter berilah air perasan jeruk nipis satu buah. Selain nasi tidak menjadi basi, nasi terlihat lebih putih dibanding tidak diberi jeruk nipis.
  •  Kalau mau menaruh nasi yang baru matang di tempat nasi, jangan langsung ditutup.
  • Jika memasak nasi di rice cooker, taruh serbet bersih di antara tutup rice cooker agar uapnya bisa diserap dan tidak menyebabkan basi. Bila serbet sudah terlampau basah, ganti dengan serbet yang baru.
  • Selain itu, agar tidak mubazir, sebaiknya masak nasi sesuai dengan jumlah penghuni rumah. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuang nasi yang pastinya akan basi keesokan harinya.
MANFAAT DAN BAHAYA NASI
Prof. Dr. Ir. Dudung Subaidung, M.Sc, Sp. Bd dari Universitas Tak Tahu Rimbanya Dimana Jakarta baru-baru ini mengadakan sebuah penelitian yang menghebohkan dimana hasil penelitian tersebut mengungkapkan fakta-fakta terbaru mengenai BAHAYA MENGKONSUMSI NASI !!

Berikut hasil penelitiannya....

1. Nasi MENYEBABKAN KECANDUAN.
Responden kami yang tidak makan nasi selama sehari saja akan kelaparan dan merasa sangat ingin makan nasi lagi.

2. SETENGAH dari seluruh siswa Indonesia yang makan nasi nilainya ada di bawah rata-rata kelas.

3. HAMPIR 99% KEJAHATAN terjadi dalam waktu kurang dari 24-jam setelah pelakunya mengkonsumsi nasi.

4. Suku-suku pada zaman batu yang tidak pernah makan nasi terbukti TIDAK PERNAH mengidap tumor, Alzheimer, osteoporosis, ataupun Parkinson.

5. Dokter MELARANG bayi yang baru lahir untuk makan nasi. Hal ini menjadi bukti bahwa nasi punya dampak berbahaya yang sudah dibuktikan oleh ilmu kedokteran.

6. Nasi yang kering biasa dimakan oleh ayam. Nah, sekarang anda perlu curiga dari mana flu burung berasal.

7. Jumlah pemakan nasi di Indonesia jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pemakan nasi di negara maju. Ini mungkin salah satu penyebab keterbelakangan pada negara ini.

8. Di warung-warung, biasanya KULI makan nasi dalam jumlah lebih banyak daripada kaum eksekutif. Hal ini membuktikan jika makan nasi MENURUNKAN kemampuan ekonomi seseorang.

9. Makan nasi dapat menyebabkan rasa haus alias MENYERAP air. Padahal tubuh kita sebagian besar terdiri dari air.

10. Dalam kondisi tertentu, makan nasi MENINGKATKAN resiko kematian. Misalnya makan nasi sambil menyetir mobil.

11. Pengidap DIABETES lebih dianjurkan makan kentang daripada nasi. Berarti nasi kurang baik bagi kesehatan.

12. Makan nasi menyebabkan keinginan mengkonsumsi sayur dan lauk. Misalnya nasi bandeng (nasi + bandeng goreng), nasi kucing (nasi + kucing goreng), dsb. Hal ini bisa menyebabkan obesitas.

13. Nasi mengandung ZAT BESI yang konf elektron terluarnya 4s2. Zat lain yang elektron terluarnya 4 adalah Racun ARSENIK (4p3), Batu batere TITANIUM (4s2), dan racun yang menyerang Superman yaitu KRIPTON (4p6). Ini mengindikasikan bahwa nasi punya kesamaan dengan zat-zat berbahaya lainnya.

14. Kitab suci (samawi) tidak pernah menyebut-nyebut soal nasi. Para Nabi juga tidak makan nasi. Lagipula nasi bukan sesuatu yang dianjurkan agama sehingga keabsahan penggunaannya pun belum dapat dipastikan.

15. Nasi DIMASAK dalam suhu lebih dari 100 derajat Celsius. Itu panas yang cukup untuk bunuh orang.

16.Selain dimakan,nasi juga bisa buat ngelem…


Bahaya banget kan.......!!!! Semoga Infonya bermanfaat....!

LEGENDA ASAL-USUL PADI

Padi penghasil beras yang kita makan sebagai nasi itu juga mempunyai legenda. Dari mana asal-muasal padi itu, tidak ada pakar dan ilmuwan modern yang mengetahui dengan pasti. Ada yang menduga berasal dari lembah Sungai Gangga di India, dan ada yang mengatakan berasal dari lembah Sungai Yangtze, Cina. Tetapi sebelum orang Hindu dan Cina datang ke Indonesia, orang Jawa kuno sudah lama bertanam padi. Dari mana asal tanaman ini di Pulau Jawa?
Nenek moyang kita dari Jawa Tengah mempunyai legenda asal-usul padi Jawa yang unik. Kata yang empunya cerita, Batara Guru di Kompleks Kahyangan sana pada suatu hari menciptakan seorang putri yang luar biasa cantiknya sampai Batara itu sendiri jatuh cinta pada hasil ciptaannya.
Tetapi Sang Putri menolak lamarannya selama tiga jenis mahar tidak dipenuhi. Yaitu makanan yang tidak membosankan, baju yang tidak bisa usang, dan gamelan yang bisa main kelenengan (kelontangan) sendiri.
Batara Guru mengutus pengacaranya, Kala Gumboro, ke bumi untuk mencari tiga barang itu. Tetapi utusan ini malah jatuh cinta pada Dewi Sri, istri Batara Wisnu. Suami Dewi ini begitu berang sampai menyulap Kala Gumboro menjadi celeng (babi hutan), supaya tidak bisa mengganggu istrinya lagi.
Sementara itu, Batara Guru di Kahyangan sana tidak sabar menunggu celeng. Ia menyesal, ketika mendekati Putri ciptaannya, Putri ini mendadak sontak meninggal, karena kaget disentuh tangannya.
Putri kemudian dikebumikan dengan nama anumerta Dewi Tisnawati. Empat puluh hari kemudian muncul sinar yang sangat cemerlang di makamnya. Sinar gaib ini menumbuhkan berbagai tanaman aneh yang bermanfaat. Kelapa di tempat kepala, padi dan aren di tempat tubuh, buah-buahan di tempat tangan, dan umbi-umbian di tempat kaki.
Sementara itu, dalam bentuknya sebagai celeng, Kala Gumboro masih saja mengganggu Dewi Sri. Dewi ini begitu sebal sampai berdoa khusyuk, memohon kepada para dewa untuk membebaskannya dari bumi. Di tempat ia diteleportasikan, seperti anak buah Kapten Kirk dari USS Enterprise pada film Star Trek, muncul tanaman ajaib yang sama dengan tanaman di makam Dewi Tisnawati. Padi di makam ini khusus untuk dibudidayakan di tanah kering, dan yang tumbuh di makam Dewi Sri untuk sawah.
Batara Wisnu dan Dewi Sri kemudian menjelma menjadi pasangan raja dan ratu manusia yang mengemban tugas mengajarkan kepada rakyat tentang cara bertanam padi dengan baik dan benar. Menanam padi bukan pekerjaan sembarangan, tetapi tugas sakral yang memberi kesejahteraan hakiki kepada umat manusia. (SS)
http://mywrotes.files.wordpress.com/2008/08/nasi-goreng.jpg?w=441&h=419
Ini Sejarahnya… :
Nasi goreng (Hanzi: ??)(baca: chao fan) adalah sebuah komponen penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng.
Nasi goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Makanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.
Daftar isi
Khas Indonesia
Nasi goreng juga dikenal sebagai hidangan khas Indonesia. Ada berbagai macam resep nasi goreng tapi unsur utamanya adalah nasi, minyak goreng, kecap manis. Selain itu banyak tambahan lain yang dapat dimasukkan, mulai dari sayuran, daging, sampai sambal, saos, kerupuk dan telur goreng.
Nasi goreng dengan kerupuk dan telur mata sapi yang biasa ditemui di Indonesia
Variasi
Nasi goreng baik di Indonesia maupun di negara-negara lain dapat memiliki variasi tersendiri tergantung dari daerah asal dan bumbu atau bahan yang digunakan. Variasi ini biasanya dipengaruhi oleh bahan makanan yang biasa digunakan masyarakat setempat dan pengaruh ramuan bumbu dari negara tetangga, ataupun pengaruh budaya etnik asing bawaan yg datang ke negara tersebut. Beberapa variasi nasi goreng yang terkenal diIndonesia antara lain adalah sbb:
* Nasi goreng ikan asin: Menggunakan ikan asin, salah satu variasi yang terkenal di Indonesia.
* Nasi goreng jawa: Nasi goreng ini biasanya dibumbui dengan sambal ulek yang membuat rasanya pedas. Biasa juga digunakan sayuran seperti tauge untuk nasi goreng ini.
* Nasi goreng kambing: Menggunakan daging kambing yang memiliki aroma khas.
* Nasi goreng pattaya (asal Thailand): Nasi goreng ini dibungkus dengan telur dadar.
* Nasi goreng putih: Nasi goreng ini menggunakan kecap asin sebagai bumbunya sehingga warnanya masih keputih-putihan.
* Nasi goreng Fukien (atau Fujian): (bukan berasal dari Fujian) adalah nasi goreng yang berasal dari daerah Kanton, biasa disajikan dengan saus di atasnya.
* Nasi goreng Singapura: Bukan berasal dari Singapura, ini adalah masakan dari daerah Kanton dengan bumbu kare kuning.
* Nasi goreng Yangchow (atau Yangzhou): (biasa disebut juga nasi goreng spesial) – meskipun dinamakan “Yangzhou”, nasi goreng ini sebenarnya bukan berasal dari daerah Yangzhou. Biasa disajikan dengan udang dan daging panggang. Nasi goreng spesial lainnya yang terkenal adalah nasi goreng dengan telur mata sapi.
* Nasi goreng Yuanyang: Nasi goreng yang dihidangkan dengan dua macam saus. Saus yang pertama berwarna putih dan yang kedua berwarna merah. Terkadang saus itu disajikan dalam lambang Yin Yang atau simbol Taichi.
* Nasi Goreng Arab Habbatussauda (bukan berasal dari Arab tetapi kreasi khas Indonesia yang banyak memakai rempah asli Arab sebagai bagian bumbu utama). Umumnya menggunakan daging kambing dan memakai banyak jintan serta herbal/tanaman berkhasiat yang baik untuk kesehatan.
* Nasi Goreng Jepang Ashita (bukan berasal dari Jepang tetapi kreasi khas Indonesia). Dinamakan nasi goreng Jepang sebab memakai Ashitaba yang berasal dari Jepang. Ashitaba adalah jenis sayuran herbal kesehatan yang sangat popular di negara Jepang. Pemakaian bahan ini menyebabkan nasi goreng terlihat unik berwarna hijau daun. Campuran tambahan biasanya daging asap, acar nanas, emping belinjo dan telur dadar.
* Banyaknya variasi jenis Nasi Goreng yang dapat ditemukan di negara ini merupakan ekspresi kreativitas masyarakat Indonesia dalam meracik kreasi jenis kuliner dengan aneka citrarasa.

 

Manfaat Beras




Beras adalah makanan pokok rakyat indonesia. Dari beras kemudian akan diolah menjadi nasi yang merupakan makanan utama hampir sebagian besar penduduk. Selain karbohidrat, beras juga mengandung protein, vitamin dan mineral. Vitamin yang dikandung oleh beras yaitu vitamin b-1 ( tiamin ) banyak terdapat pada bagian kulit arinya. Sayangnya, kandungan gizi beras baik berupa vitamin maupun mineral seringkali hilang akibat proses penggilingan tepung beras.karena itu diperkirakan bahwa beras yang kita makan sehari-hari sebenarnya telah mengami degradasi / penurunan kandungan gizi. Hal ini diperparah saat beras dicuci terlalu lama ketika akan dimasak. Serat yang terdapat pada tepung mata beras cocok untuk diet , guna memelihara agar berat tubuh senantiasa ideal. Manfaat tepung beras ini seratnya ini mampu menyerap air dan dapat lebih lama tinggal di dalam lambung, sehingga memperlambat timbulnya rasa lapar. Hal ini sangat cocok bagi mereka yang ingin memiliki berat badan ideal melalui pengaturan pola konsumsi makanan. Serat ini juga mampu mengikat sisa-sisa hasil metabolisme dalam saluran pencernaan, sehingga zat-zat berbahaya ini tidak ditimbun dalam usus melainkan keluar bersama dengan kotoran. Dengan demikian serat tepung mata beras membantu mencegah terjadinya proses keganasan dalam usus Berdasarkan analisa penelitian didapat bahwa tepung mata beras sehat tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral tetapi juga tinggi kandungan manfaat tepung beras terutama seratnya yang bermanfaat dalam proses pencernaan makanan dalam usus.
Dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa tepung mata beras sehat memiliki keistimewaan tepung beras karena mengandung nilai gizi yang tinggi, sehingga produk ini merupakan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga stamina dan memelihara kesehatan tubuh bagi anda dan keluarga anda.
tepung beras dihasilkan dari mata padi pilihan dan dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet. Hal ini menjadikannya sebagai 100% makanan alami dan mudah dalam penyajiannya. Tepung beras dapat diolah dengan berbagai macam variasi resep agar tidak membosankan dan sajian akan selalu akan terasa lebih nikmat.

Kandungan beras

Sebagaimana bulir serealia lain, bagian terbesar beras didominasi oleh pati (sekitar 80-85%). Beras juga mengandung protein, vitamin (terutama pada bagian aleuron), mineral, dan air.
Pati beras tersusun dari dua polimer karbohidrat:
  • amilosa, pati dengan struktur tidak bercabang
  • amilopektin, pati dengan struktur bercabang dan cenderung bersifat lengket
Perbandingan komposisi kedua golongan pati ini sangat menentukan warna (transparan atau tidak) dan tekstur nasi (lengket, lunak, keras, atau pera). Ketan hampir sepenuhnya didominasi oleh amilopektin sehingga sangat lekat, sementara beras pera memiliki kandungan amilosa melebihi 20% yang membuat butiran nasinya terpencar-pencar (tidak berlekatan) dan keras.

Macam dan warna beras

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/7e/Indonesian_rice_vendor.JPG/220px-Indonesian_rice_vendor.JPG
http://bits.wikimedia.org/skins-1.5/common/images/magnify-clip.png
Berbagai macam beras dan ketan di Indonesia.
Warna beras yang berbeda-beda diatur secara genetik, akibat perbedaan gen yang mengatur warna aleuron, warna endospermia, dan komposisi pati pada endospermia.
Beras "biasa" yang berwarna putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit aleuron, dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%. Beras ini mendominasi pasar beras.
Beras merah, akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu.
Beras hitam, sangat langka, disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.
Ketan (atau beras ketan), berwarna putih, tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin.
Ketan hitam, merupakan versi ketan dari beras hitam.
Beberapa jenis beras mengeluarkan aroma wangi bila ditanak (misalnya 'Cianjur Pandanwangi' atau 'Rajalele'). Bau ini disebabkan beras melepaskan senyawa aromatik yang memberikan efek wangi. Sifat ini diatur secara genetik dan menjadi objek rekayasa genetika beras.

Aspek pangan

Beras dimanfaatkan terutama untuk diolah menjadi nasi, makanan pokok terpenting warga dunia. Beras juga digunakan sebagai bahan pembuat berbagai macam penganan dan kue-kue, utamanya dari ketan, termasuk pula untuk dijadikan tapai. Selain itu, beras merupakan komponen penting bagi jamu beras kencur dan param. Minuman yang populer dari olahan beras adalah arak dan air tajin.
Dalam bidang industri pangan, beras diolah menjadi tepung beras. Sosohan beras (lapisan aleuron), yang memiliki kandungan gizi tinggi, diolah menjadi tepung bekatul (rice bran). Bagian embrio juga diolah menjadi suplemen makanan dengan sebutan tepung mata beras.
Untuk kepentingan diet, beras dijadikan sebagai salah satu sumber pangan bebas gluten dalam bentuk berondong.
Di antara berbagai jenis beras yang ada di Indonesia, beras yang berwarna merah atau beras merah diyakini memiliki khasiat sebagai obat. Beras merah yang telah dikenal sejak tahun 2.800 SM ini, oleh para tabib saat itu dipercaya memiliki nilai nilai medis yang dapat memulihkan kembali rasa tenang dan damai. Meski, dibandingkan dengan beras putih, kandungan karbohidrat beras merah lebih rendah (78,9 gr : 75,7 gr), tetapi hasil analisis Nio (1992) menunjukkan nilai energi yang dihasilkan beras merah justru di atas beras putih (349 kal : 353 kal). Selain lebih kaya protein (6,8 gr : 8,2 gr), hal tersebut mungkin disebabkan kandungan tiaminnya yang lebih tinggi (0,12 mg : 0,31 mg).
Kekurangan tiamin bisa mengganggu sistem saraf dan jantung, dalam keadaan berat dinamakan beri-beri, dengan gejala awal nafsu makan berkurang, gangguan pencernaan, sembelit, mudah lelah, kesemutan, jantung berdebar, dan refleks berkurang.
Unsur gizi lain yang terdapat pada beras merah adalah fosfor (243 mg per 100 gr bahan) dan selenium. Selenium merupakan elemen kelumit (trace element) yang merupakan bagian esensial dari enzim glutation peroksidase. Enzim ini berperan sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksik. Peroksida dapat berubah menjadi radikal bebas yang mampu mengoksidasi asam lemak tidak jenuh dalam membran sel hingga merusak membran tersebut, menyebabkan kanker, dan penyakit degeneratif lainnya. Karena kemampuannya itulah banyak pakar mengatakan bahan ini mempunyai potensi untuk mencegah penyakit kanker dan penyakit degeneratif lain.

SUMBER:


NAMA :  MOCHAMAD CAHYO ARIFIN
NPM    : 14110432
KELAS : 1KA21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar